Sabtu, 24 Maret 2012

Tiga Bumbu Kekuatan Kuliner Indonesia


detail berita
(Foto: Getty Images)


KULINER Indonesia dikenal dengan pemakaian banyak bumbu. Setidaknya, ada tiga bumbu yang menjadi kekuatan kuliner Indonesia.

"Kuliner Indonesia selalu tidak pernah terlepas dari bumbu merah, bumbu putih, dan bumbu kuning. Tiga bumbu ini jadi kekuatan kuliner Indonesia," jelas Chef Rosmawan, Sous Chef Hotel JW Marriott kepada okezone saat ditemui di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Bumbu kuning terdiri dari kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam sedangkan bumbu putih terdiri dari kemiri, bawang putih, bawang merah, dan gara). Chef Rosmawan menjelaskan, alasan tiga bumbu tersebut menjadi khas dan kekuatan Indonesia sehingga kuliner Indonesia perlahan menemukan jati dirinya "Karena itu rempah-rempah asli Indonesia. Kalau masakan China tidak jauh dari penggunaan bawang putih," tambahnya.

Selain itu, Chef Rosmawan juga menjelaskan bila ketiga bumbu tersebut juga merupakan bahan dasar dalam mengolah masakan Indonesia. “Bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri, bumbu itu selalu digunakan di kuliner Indonesia sementara kunyit, jahe, dan ketumbar jarang dipakai karena hanya sebatas tertentu," tutupnya.
  (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar