Sabtu, 24 Maret 2012

Tak Perlu Buang Sisa Daging


detail berita
(Foto: gettyimages)


CHEF Lucky, perkenalkan nama saya Ratih (24). Di rumah, sering kali makanan tidak habis dibuang begitu saja, padahal saya ingin mengonsumsinya. Namun jika ingin diolah kembali, saya bingung harus diolah seperti apa.

Apa yang bisa saya lakukan dengan sisa makanan tersebut supaya enak dikonsumsi. Terima kasih atas jawaban Chef.

Ratna-Cinere

Jawab:
Makanan sisa sering kali dibuang bila sudah tidak ingin dimakan kembali. Padahal, sisa makanan bisa Anda olah kembali menjadi makanan yang lezat.

Saya ambil contoh, di rumah Anda pasti sering menyisakan nasi, padahal Anda sudah masak dalam jumlah banyak. Selain itu, mungkin juga terdapat sisa daging, ikan, kambing, sapi, maupun ayam. Semua bahan tersebut bisa Anda olah kembali.

Caranya, panaskan mentega, masukkan bawang putih putih cincang, kemudian masukkan dua centong nasi. Untuk dua centong nasi, Anda bisa gunakan dua siung bawang putih, satu sendok makan mentega, dan kalau ada sayuran, Anda bisa memasukkannya. Sayuran mentah bisa Anda rebus sebentar agar empuk saat disantap, lalu tumis secara bersama bumbu.

Langkah selanjutnya, masukkan sisa daging yang ada di rumah dengan sebelumnya disuwir. Aduk bersama semua bahan, tambahkan garam, merica, dan gula agar gurih.

Perlu Anda ketahui, memasaknya jangan terlalu lama. Bila suka, bisa ditambahkan kecap, tapi juga tetap nikmat tanpa kecap karena adanya penambahan mentega.

Chef Lucky Andreono
Juara MasterChef Indonesia dan Pemilik Restoran Lucky Grilled Ribs
Jalan RS Fatmawati No. 55E, Cipete, Jakarta Selatan
 (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar