Rabu, 21 Maret 2012

Membuat Bagian Dalam Cake Coklat Terlihat Meleleh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kita sering melihat beberapa cake coklat, yang bagian dalamnya terlihat tak matang, namun terlihat masih seperti adonan cair. Akan tetapi, bentuknya bagus, terlihat meleleh, seperti lava dari gunung berapi yang meletus. Dan, lelehan itu juga bisa dimakan.
Chef Sandra Djohan, saat memberikan Cooking Class di Pantry Magic, Kemang, Jakarta, memberitahu cara membuatnya. “Memanganggangnya jangan terlalu lama,” tutur chef berambut ikal panjang ini.
“Beberapa kali dicek saja, jika bagian atasnya terlihat sudah mengeras, langsung diangkat,” tuturnya. Cara mengeceknya, menurutnya, cukup dengan ditekan-ditekan pelan saja.
Dalam keadaan panas, langsung keluarkan dari cup ataupun Loyang yang digunakan untuk memangangg tadi. “Jadi, nanti itu pinggir-pinggirnya sudah mengeras jadi cake, tapi tengahnya belum,” ujarnya.
Dalam keadaan panas juga, sewaktu disajikan, langsung potong cake coklat tersebut, hingga sampai bagian tengahnya. “Coklat yang di tengah akan keluar seperti meleleh, karena masih panas,” ujarnya.
Walaupun adonan tengah yang masih cair itu terlihat belum matang, namun menurut Chef Sandra, itu sudah bisa dimakan. “Karena adonan coklat dan telur tadi kan sudah bisa dimakan seperti mousse kan, itu telur yang dikocok sampai mengembang kan bisa dibilang sudah tak ada bakteri lagi,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar