Sabtu, 24 Maret 2012

Jalan Pintas Masak Makan Malam Lebih Cepat


detail berita
(Foto: gettyimages)
MAKAN malam Anda diburu dengan waktu? Beberapa siasat selama memasak bisa menjadi jalan keluar terbaik untuk Anda tetap menyajikan menu terbaik bagi keluarga.

Ketika memasak, banyak godaan untuk menghadirkan menu rumit. Sayang, waktu untuk jam makan malam sebentar lagi. Tips dan trik ini akan membantu Anda menghidangkan makanan yang lezat di atas meja, bahkan pada malam-malam hari kerja yang sibuk. Penghematan waktu bisa dilakukan dalam berbagai proses; memotong, memanggang, merebus, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa siasat penghemat waktu dalam memasak, seperti diulas Babble.

Beli kemasan instan

Membuat adonan kue tidak diragukan butuh banyak waktu. Anda bisa memanfaatkan produk instan berupa bahan-bahan kue yang telah dicampurkan, jadi Anda tinggal mengolahnya di rumah dalam waktu singkat. Selama penghematan waktu ini, Anda bisa mengerjakan menu lainnya.

Sekali masak untuk dua porsi

Beberapa jenis hidangan seperti casserole (sejenis lasagna) panggang dapat dibekukan terlebih dahulu sebelum dipanggang. Bila Anda hendak membuatnya, bikin saja dua porsi; satu dipanggang dan satu lainnya disimpan untuk makan malam berikutnya.

Membuat bola-bola daging

Resep ini tergolong sederhana, serbaguna, dan anak-anak pasti menyukainya. Jadi, olah saja bola-bola daging pada satu malam, lalu bekukan sisanya untuk makan makan di hari lain.

Gunakan slow cooker

Slow cooker dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan dapur, menciptakan makanan yang rasanya seperti direbus sepanjang hari alias senantiasa hangat. Jadi, gunakan alat ini untuk Anda bisa menyajikan makan malam dengan cepat tanpa mengurangi cita rasa masakan.

Panggang dua, bukan satu

Dibutuhkan jumlah waktu yang persis sama, energi (untuk oven) dan usaha untuk memanggang dua ekor ayam seperti halnya memanggang satu ayam. Gunakan tiap detik yang Anda lewati selama memasak untuk memanggang dua porsi sekaligus, jadi Anda bisa memanfaatkan ayam lainnya untuk makan malam esok hari.

Buat beberapa adonan

Dalam membuat pizza, tahapan yang dikerjakan paling lama adalah membuat adonan. Bila ingin mengolahnya dalam porsi banyak, bagi saja adonan dalam empat bagian, olah seperlunya dan bekukan sisanya. Sewaktu-waktu Anda membutuhkan, ambil adonan dari freezer.

Potong dalam jumlah lebih

Ketika Anda memotong bawang, wortel, seledri, paprika, dan sayuran lain untuk diolah sup, potonglah dalam jumlah ekstra dan simpan dalam wadah yang baik untuk mencegah sayuran mudah busuk. Tapi pastikan hanya disimpan semalam agar manfaat nutrisinya bisa Anda dapat. (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar