Sabtu, 24 Maret 2012

Sup Lezat, Beri Sayap Ayam

detail berita
(Foto: gettyimages)


Hai, Ibu Sisca, saya Golda (29). Terkadang saat membuat sup, selalu saya merasa cita rasanya kurang terasa gurih, padahal bumbunya sudah sesuai resep. Saya juga menggunakan ayam. Saya jadi hopelessuntuk membuat sup ayam, padahal keluarga saya sangat menyukainya.

Saya ingin tanya, sebaiknya apa yang harus saya lakukan agar olahan sup ayam terasa gurih? Terima kasih jawabannya.

Golda-BSD, Tangerang

Jawab:

Persoalan dalam membuat sup ayam sering kali rasanya kurang mantap. Sebenarnya, elemen terpenting dalam membuat sup ayam adalah ayam. Sebelum memasaknya, tak perlu membeli daging ayam utuh karena tiap bagiannya memiliki cita rasa serta tingkat kematangan yang berbeda. Untuk membuat sup ayam, gunakanlah sayap ayam.

Mengapa? Sayap ayam mengeluarkan cita rasa gurih, rasanya juga berbeda, lebih nikmat saat Anda makan meskipun tidak diberikan bumbu. Selain itu, pengolahan dengan sayap ayam tidak perlu waktu lama, berbeda dengan dada ayam maupun paha ayam. Kalau Anda menggunakan daging ayam bagian dada, maka proses kematangannya akan lebih lama lantaran dagingnya lebih tebal.

Anda bisa menggunakan kurang lebih 10 sayap ayam dalam 1 liter air. Biarkan air mendidih terlebih dahulu sebelum sayap ayam dimasukkan. Selanjutnya, gunakan suhu api kecil selama proses perebusan. Bumbu, sayuran, dan bahan lain pun menyusul ditambahkan. Selamat mencoba!

Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner
 (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar