Sabtu, 24 Maret 2012

Masak Jamur Cukup 5 menit


detail berita
(Foto: Getty Images)


HALLO, perkenalkan nama saya Sri Fatimah (37). Dalam memasak jamur, saya selalu mendapatkan masalah karena rasanya yang cenderung datar. Bagaimana membuatnya enak?

Dan, banyak yang bilang kalau mengolah jamur tidak boleh terlalu lama, tapi ada juga yang berkata bisa lama. Sebenarnya dalam mengolah jamur, paling baik seperti apa?

Sri Fatimah-Citayam, Depok

Jawab:
Jika ingin memasak makanan dengan menambahkan jamur, Anda harus perhatikan dengan seksama bagaimana jenis jamurnya. Pegang jamur untuk Anda bisa mengetahui seberapa lama jamur sebaiknya dimasak.

Kalau Anda perhatikan, tekstur jamur sangat lembut. Perlu diketahui, bahan makanan yang memiliki tekstur lembut tidak boleh dimasak terlalu lama karena akan merusak komponen gizi di dalamnya.

Meskipun jamur banyak macamnya, Anda bisa menggunakan jamur shitake saat memasak. Mengapa? Jamur shitake memberikan rasa gurih pada makanan.

Cara pengolahannya, iris jamur shitake, tetapi jangan terlalu tipis agar aromanya tetap terjaga. Anda juga bisa memanfaatkannya secara utuh, tetapi ini tentu akan berpengaruh saat dimakan karena cita rasa jamur akan mengalahkan bahan makanan lainnya.

Karena tekstur dan bentuk jamur sangat lembut, otomatis dalam proses memasaknya jangan terlalu lama, tak lebih dari 5 menit. Masukkan jamur pada saat bahan makanan yang diolah sudah matang alias sayur siap diangkat. Dan, jangan gunakan api besar saat jamur sudah dimasukkan agar tidak menjadi lembek. Selamat memasak....

Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner
 
 (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar