Sabtu, 24 Maret 2012

Minyak Wijen Lenyapkan Amis Seafood


detail berita
(Foto: gettyimages)


HELLO Chef, perkenalkan nama saya Rani (30). Saya suka sekali makan hidangan laut dan sering mengolahnya sendiri di rumah. Namun, kadang saya merasa jengkel karena bau amisnya masih menempel padahal berbagai cara sudah saya coba.

Saya mau nanya, bagaimana cara menghilangkan bau amis pada seafood? Terima kasih jawabannya.

Rani-Pondok Indah

Jawab:

Saat mengolah atau memasak seafood, bau amis menjadi kendala utama. Tak perlu merasa jengkel atau kecewa lantaran bau amis tak juga hilang dari ikan, cumi, udang, kepiting, dan makanan laut lainnya yang ingin Anda olah. Mengapa saya bilang demikian? Bau amis menandakan seafood yang Anda beli masih segar.

Namun, ini tentu harus dihilangkan. Dan bukannya tidak mau hilang, Anda butuh kesabaran agar berhasil. Langkah pertama, cuci seafood yang akan Anda olah hingga bersih, kalau bisa gunakan air hangat yang berguna merontokkan kotoran.

Setelah dibersihkan, ambil minyak wijen dan lumuri pada seluruh bagian seafood yang telah diberi garam dan merica. Namun sebelum melumuri dengan minyak wijen, pastikan tidak terdapat sisa air yang masih menempel pada seafood.
Untuk penggunaan minyak wijen, 1 kilogram seafood membutuhkan sekira 50 ml atau setara dengan tiga sendok makan minyak wijen. Jangan kebanyakan agar aroma minyak wijen tidak mendominasi. Pasalnya, fungsi minyak wijen hanya untuk menghilangkan bau amis. Diamkan selama 10 menit,seafood pun siap dimasak.

Rosmawan
Sous Chef Pearl Chinese Restaurant Hotel JW Marriott
 (ftr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar