Senin, 09 April 2012

Roti-roti Lokal di Indonesia

f21asidodadi 4f712a3d08e2b Roti roti Lokal di Indonesia


 – Di beberapa daerah, roti lokal menjadi ikon dan kebanggaan bagi daerah tersebut. Setidaknya, ketika orang berkunjung ke daerah itu, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa roti khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh.
Beberapa daerah, seperti Bogor, Bandung dan Samosir misalnya memiliki roti khas mereka dan sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Daripada penasaran, yuk lihat roti khas ketiga daerah ini:
Bogor (Roti Unyil)
Siapa yang tidak kenal roti unyil. Meski baru lahir pada era 1990-an, roti mungil yang menggemaskan ini sudah menjadi oleh-oleh wajib dari Bogor. Ukurannya yang mungil membuat roti ini unik. Rasanya  tidak afdol bila berkunjung ke Bogor tanpa mencicipi roti mungil ini yang bisa Anda dapatkan di toko Venus, pelopor lahirnya roti unyil di Bogor.
Bandung (Roti Sidodadi)
Di Bandung, roti tradisional yang sudah berusia puluhan tahun juga mendapat tempat di hati warga dan wisatawan. Kekhasan yang dimiliki Roti Sidodadi serupa dengan roti tradisional lainnya, yaitu roti yang padat namun lembut. Roti Sidodadi dibuat tanpa bahan pengawet. Jika ke Bandung, berkunjunglah ke Toko Roti Sidodadi di Jalan Otista.
Pematang Siantar, Sumatera (Roti Ganda)
Roti ganda sebenarnya hanyalah roti tawar, namun yang membedakan dengan roti tawar lainnya adaalah aroma susu dan pandan.  Cara penyajiannya, setelah dibelah  kedua sisi roti diolesi krim lalu ditaburi butiran cokelat. Roti kemudian ditangkupkan, dipotong-potong lalu dikemas dengan kertas roti. Jika ke Pematang Siantar jangan lupa singgah ke Toko Roti ganda di Jalan Sutomo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar